Header Ads

Pre Web Design – Persiapan Membuat Website-Situs Web_Bagian 1

Pre Web Design – Persiapan Membuat Website-Situs Web_Bagian 1

Gambar Pre Web Design
Pre Web Design adalah langkah awal (persiapan) yang harus dilakukan dan dipikirkan  sebelum merancang-membangun-membuat situs web-website.
Pada Artikel Pre Web Design Bagian I ini saya tujukan bagi mereka belum punya situs web dan ingin pesan situs web-website atau ingin merancang-membuat sendiri situs web-website. Kalo anda termasuk di dalamnya, silahkan anda ikuti dahulu petunjuk-petunjuk  berikut ini :

1. Content–Tema Website

Content-Tema atau isi situs web-website adalah hal yang paling utama dan penting (pokoknya crucial deh…) untuk memulai merancang sebuah situs web. Dari sebuah tema website anda bisa mulai berpikir, ‘kira-kira apa ya?’ yang akan ditampilkan dan bagaimana nanti jadinya….Ok,dari sini kita sudah dapat satu modal penting!!
Content dari sebuah web bisa ber-format text, gambar,audio-video dan berupa artikel tentang Internet, Berita, Pengetahuan, Teknologi, Tutorial, Edukasi  dan sebagainya, yang nantinya akan anda racik dan ditata alur-nya semenarik mungkin untuk menarik minat baca pengunjung Situs.

2. Tujuan-Manfaat Membuat Website

Setelah menemukan tema yang anda pilih untuk ditampilkan dalam website, anda harus tentukan manfaat-tujuan utama untuk apa anda membangun website tersebut. Apa untuk profil pribadi, forum diskusi (social network), menjual produk, memajang artikel agar mudah ditemukan di search engine, dan lain-lain.

3. Target Pengunjung Website

Target pengunjung yang diharapkan : dari dalam negeri atau luar negeri, laki-laki atau perempuan, pemula atau expert, tua atau muda, dan lain-lain.

4. Aktifitas Pengunjung Website

Penting juga hal ini dipikirkan, setidaknya-kemungkinan apa saja yang nantinya pengunjung website anda lakukan ,mereka bisa membeli atau sekadar memasukkan data seperti nama dan e-mail, mendownload, ikut polling/survey, pasang iklan, dan lain-lain.

5. Alur-Struktur Website

Kerapian penataan sebuah halaman web perlu diperhatikan juga agar pengunjung lebih mudah melakukan navigasi ke tiap-tiap halaman website anda. Setidaknya minimal ada  tombol (menu navigasi ) ; Home,  About, Product, Contact pada halaman website anda.

6. Jenis-Model Website

Situs jenis apa yang ingin anda buat: situs situs statis, situs dinamis, atau situs interaktif, pakai bahasa html, php atau yang lainnya.

7. Browsing- Surfing-Googling

Perbanyak Browsing , Surfing ataupun Googling  situs-situs web di internet, perhatikan dan pelajari dengan seksama tampilan-desain situs yang anda kunjungi ( kalau perlu Bookmark situs web tersebut ). Mungkin disana anda mempunyai ide-ide bagaimana harusnya tampilan situs yang nanti akan anda buat atau pesan.
Demikianlah apa saja yang perlu anda perhatikan sebelum memesan website atau akan membuat website sendiri. Untuk artikel berikutnya akan kita ulas bagaimana membuat langkah-langkah men-desain website.

No comments

Powered by Blogger.